Sample Text

CSS Drop Down Menu

Rabu, 15 Mei 2019

MENCARI MAKNA HIDUP

Mencari Makna Hidup Agar Hidup Lebih Bermakna


“Ketahuilah, sesungguhanya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan senda gurau, perhiasan dan saling berbangga di antara kamu serta berlomba dalam kekayaan dan anak keturunan, seperti hujan yang tanam – tanamannya mengagumkan para petani; kemudian ( tanaman ) itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia tidak lain hanyalah kesenangan yang palsu”. (QS. Al – Hadid : 20)
Setiap orang ingin mempunyai hidup yang bermakna agar ia merasa keberadaan di dunia ini atau mempunya arti atau manfaat bagi dirinya dan lingkungannya. beberapa makna hidup yang ada dalam alqur’an diantaranya yaitu :
  1. HIDUP ADALAH IBADAH
Pada intinya , arti hidup dalam Islam adalah ibadah. Keberadaan kita didunia ini tiada lain hanyalah untuk beribadah kepada Allah . Makna Ibadah yang dimaksud tentu saja pengertian ibadah yang benar , bukan berarti hanya sholat, puasa, zakat dan haji saja , tetapi ibadah dalam setiap aspek kehidupan kita.

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

“Tidak Aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk menyembah kepada-Ku”
(QS: adz-Dzariyat;56)
2. HIDUP ADALAH UJIAN
Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, yaitu orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan “ innalillaahi wa inna ilaihi raaji’uun “ [2:155-156}
“(Allah) yang menjadikan mati dan hidup, supaya dia menguji kamu, siapa diantara kamu yang lebih baik amalnya, dan dia maha perkasa lagi maha pengampun (terj. QS.Al Mulk {67:2} )
3. KEHIDUPAN AKHERAT LEBIH BAIK DIBANDING KEHIDUPAN DUNIA
“Dijadikan indah pada ( pandangan )manusia kecintaan pada apa-apa yang diingini yaitu, wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan disisi Allah-lah tempat kembali yang baik ( surga) “ ( terj. QS Ali ‘Imran {3:14} )
“Dan sesungguhnya hari kemudian ( akherat) itu lebih baik bagimu daripada sekarang ( permulaan ) {QS Adh Dhuha {93;4}
4. HIDUP ADALAH SEMENTARA
“Hai kaumku, sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah kesenangan ( sementara) dan sesungguhnya akherat itulah negeri yang kekal {terj. QS Al Mu’min {40;39}
“tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan ( yang sebenar-benarnya) dan hanya kepada Kami-lah kamu di kembalikan .”( QS Al Anbiyaa {21:35} )
AGAR HIDUP LEBIH BERMAKNA
Setelah anda memahami makna hidup, maka langkah selanjutnya ialah menyelaraskan hidup dengan makna tersebut. Inilah yang akan menjadikan hidup kita lebih bermakna. Jika kita salah memaknai hidup , maka pa makna yang bisa kita dapatkan dari hidup.
MENYELARASKAN HIDUP DENGAN MAKNA HIDUP DIATAS DIANTARANYA DENGAN CARA:
  1. Jika hidup itu adalah ibadah, maka pastikan semua aktivitas kita adalah ibadah . Caranya ialah pertama selalu meniatkan aktivitas kita untuk ibadah serta memperbaharuinya setiap saat karena bisa berubah. Kedua pastikan apa yang kita lakukan sesuai dengan tuntunan ( ibadah Mahdhah) dan tidak dilarang oleh syariat (ghair mahdhah).
  2. Jika hidup itu adalah Ujian , maka tidak ada cara lain menyelaraskan hidup kita yaitu, menjalani hidup dengan penuh kesabaran.
  3. Jika kehidupan akherat itu lebih baik , maka kita harus memprioritaskan kehidupan akherat bukan berarti meninggalkan kehidupan dunia, menjadikan kehidupan dunia sebagai bekal menuju akherat.
  4. Jika hidup adala sementara, maka perlu kesungguhan ( ihsan) dalam beramal .Tidak ada lagi santai, mengandai-andai, penajangan angan-angan apalagi malas karena kita tidak hidup ini untuk selamanya. Bergeraklah sekarang , bertindaklah sekarang, dan berlomba-lomba dalam kebaikan.
Sesungguhnya, apa yang ada dalam Al Qur’an tidak diragukan kebenarannya.

0 komentar:

Posting Komentar